RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 1 Kalinyamatan
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam Bahasa Jawa.
Kompetensi Dasar : Mendengarkan cerita teman tentang budi pekerti/pahlawan dalam ragam ngoko dan krama.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
1. Indikator Pembelajaran
1.1 Mengungkapkan isi cerita teman secara lisan maupun tertulis dalam ragam Bahasa Jawa.
1.2 Memberi tanggapan mengenai isi cerita yang didengar.
2. Tujuan Pembelajaran
2.1 Siswa dapat mengungkapkan isi cerita teman secara lisan maupun tertulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
2.2 Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita yang didengar menjelaskan isi cerita teman secara lisan maupun tertulis berbagai ragam bahasa Jawa.
3. Materi Pembelajaran
3.1 Cerita teman dengan tema Budi Pekerti
3.2 Cerita teman dengan tema Pahlawan
4. Metode Pembelajaran
4.1 Tanya jawab
4.2 Permodelan
4.3 Demonstrasi
4.4 Penugasan
4.5 Ceramah
5. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajara
5.1 Kegiatan Awal
5.1.1 Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
5.1.2 Memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan kelas
5.1.3 Memberikan apersepsi tentang cerita bertema budi pekerti/pahlawan
5.2 Kegiatan Inti
5.2.1 Eksplorasi
5.2.1.1 Mencari cerita yang berkaitan dengan budi pekerti/pahlawan dari majalah/ buku
5.2.1.1 Membahas ragam bahasa yang digunakan dalam cerita sesuai
5.2.1.2 Membahas isi cerita yang didengarkan .
5.2.1.3 Membentuk kelompok pendengar dan diskusi
5.2.2 Elaborasi
5.2.2.1 Guru meminta siswa menuliskan pengalaman mengenai budi pekerti/ pahlawan menurut pribadi siswa (ibu, ayah, dll) siswa pada selembar kertas
5.2.2.2 Guru menyebarkan tulisan - tulisan siswa di depan kelas
5.2.2.3 Siswa memungut secara acak tulisan siswa lain dengan cepat, dan menaruhnya di meja guru, tulisan yang terpilih kemudian dibacakan.
5.2.2.4 Siswa mendengarkan cerita tentang pahlawan/budi pekerti dari tulisan teman yang terpilih
5.2.2.5 Siswa mendiskusikan isi dan bahasa cerita yang didengar.
5.2.2.6 Siswa menyampaikan pendapat berkaitan dengan isi dan bahasa cerita yang didengar
5.2.3 Konfirmasi
5.2.3.1 Memberikan penilaian terhadap tanggapan siswa
5.2.3.2 Memberikan penguatan tentang cerita dengan membuat pertanyaan
5.3 Kegiatan Akhir
5.3.1 Menyimpulkan hasil simakan yang dilakukan siswa
5.3.2 Menginformasikan materi pertemuan berikutnya
6. Sumber Belajar
6.1 VCD / Kaset percakapan/Teks Percakapan
6.2 Peragaan percakapan
6.3 Buku Basa Jawa “Wursita Basa”
6.4 LKS Basa Jawa
7. Penilaian
7.1 Jenis tes:
7.1.1 Unjuk Kerja
7.1.2 Tertulis
7.2 Bentuk :
7.2.1 Uji petik produk
7.2.1 Isian
7.3 Instrumen
Indikator
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
| |
1. Mampu mengungkapkan isi cerita teman secara lisan maupun tulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
2. Memberikan tanggapan mengenai isi cerita yang didengar.
|
Unjuk kerja
Tertulis
|
Isian
Uji petik kerja produk
|
A. gawea crita ngengingi kepahlawanan/ budi pekerti (bisa njupuk inspirasi saka ibu, bapak, utawa wong liya kang mbok anggep pahlawan kanggo awakmu dhewe)!
B. Rampungna pratelan ing ngisor iki jumbuh karo isine crita kasebut!
1. Paraga sing disebutake ana ing crita .....
2. Papan kedadeane sing ana ing crita......
3.Wektu kedadean sing ana crita .........
4. Pitutur sing bisa dijupuk saka critane kancamu...............................................
5. Crita kuwi ngemot babagan apa.................
C. Wenehana panyaruwe utawa panemumu ngenani isi, basa, sing ana ing crita!
................................................................................................................................................
|
Rubrik Penilaian tertulis A:
No.
|
Kriteria
|
Bobot
|
Nilai
|
Nilai
|
Nilai
|
5
|
3
|
1
| |||
1.
|
Kualitas isi tulisan
|
50
|
Ragam bahasa yang digunakan sesuai unggah ungguh, penggunaan ejaan yang baik, isi padat
|
Ragam bahasa yang digunakan sebagian tepat, penggunaan ejaan sebagian benar, isi tidak padat
|
Ragam bahasa yang digunakan kurang tepat, ejaan kurang tepat, isi tidak padat
|
2.
|
Alur cerita
|
30
|
Sistematis
|
Terkadang melompat
|
Tidak sistematis
|
3.
|
Jumlah paragraf
|
10
|
Di atas 5
|
Rentang 5-3
|
Rentang 3-1
|
Rubrik Penilaian Tertulis B:
2 x 5 = ......
Rubrik penilaian uji petik kerja produk C:
No.
|
Kriteria
|
Bobot
|
5
|
3
|
1
|
1.
|
Alur presentasi
|
30
|
Penyampaian konsep dan struktur bahasa teratur
|
Penyampaian konsep dan struktur bahasa terkadang melompat
|
Penyampaian dan struktur bahasa tidak teratur
|
2.
|
Kualitas isi
|
50
|
Isi tanggapan baik terdapat hal yang baru
|
Isi materi baik dan namun belum terlihat hal yang baru
|
Isi materi kurang berhubungan dengan topic dan belum terlihat yang baru
|
3.
|
Body language
|
20
|
Gerakan tubuh sesuai isi cerita yang ditanggapi
|
Gerakan tubuh belum sesuai dengan isi
|
Sedikit gerakan tubuh
|
Mengetahui, Jepara, Juli 2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. A Musolikhan ............................................
NIP.19610604 1989003 1 008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar