Jumat, 03 Agustus 2012

Contoh RPP Bahasa Jawa SMP kelas VII Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       :   SMP Negeri 1 Kalinyamatan
Mata Pelajaran            :   Bahasa Jawa
Kelas / Semester          :   VII / I 
     Standar Kompetensi   :   Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam Bahasa Jawa.
Kompetensi Dasar      :   Mendengarkan cerita teman tentang budi pekerti/pahlawan dalam ragam ngoko dan krama.
Alokasi Waktu            :   2 x 40 menit (1 x pertemuan)

1.  Indikator Pembelajaran
1.1 Mengungkapkan isi cerita teman secara lisan maupun tertulis dalam ragam Bahasa Jawa.
1.2  Memberi tanggapan mengenai isi cerita yang didengar.
2.   Tujuan Pembelajaran
      2.1 Siswa dapat mengungkapkan isi cerita teman secara lisan maupun tertulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
2.2 Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita yang didengar menjelaskan isi cerita teman secara lisan maupun tertulis berbagai ragam bahasa Jawa.
3.   Materi Pembelajaran
3.1  Cerita teman dengan tema Budi Pekerti
3.2  Cerita teman dengan tema Pahlawan
4.   Metode Pembelajaran
4.1  Tanya jawab
4.2  Permodelan
4.3  Demonstrasi
4.4  Penugasan
4.5  Ceramah
5.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajara
5.1 Kegiatan Awal
5.1.1    Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
5.1.2        Memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan kelas
5.1.3        Memberikan apersepsi tentang cerita bertema budi pekerti/pahlawan
5.2      Kegiatan Inti
5.2.1        Eksplorasi
5.2.1.1   Mencari cerita yang berkaitan dengan budi pekerti/pahlawan dari majalah/ buku
5.2.1.1       Membahas ragam bahasa yang digunakan dalam cerita  sesuai
5.2.1.2       Membahas  isi cerita yang didengarkan .
5.2.1.3       Membentuk kelompok pendengar dan diskusi
5.2.2        Elaborasi
5.2.2.1       Guru meminta siswa menuliskan pengalaman mengenai budi pekerti/ pahlawan menurut pribadi siswa (ibu, ayah, dll) siswa pada selembar kertas
5.2.2.2       Guru menyebarkan tulisan - tulisan siswa di depan kelas
5.2.2.3       Siswa memungut secara acak tulisan siswa lain dengan cepat, dan menaruhnya di meja guru, tulisan yang terpilih kemudian dibacakan.
5.2.2.4       Siswa mendengarkan cerita tentang pahlawan/budi pekerti  dari tulisan teman yang terpilih
5.2.2.5       Siswa mendiskusikan isi dan bahasa  cerita yang didengar.
5.2.2.6       Siswa menyampaikan pendapat berkaitan dengan isi dan bahasa cerita yang didengar
5.2.3 Konfirmasi
5.2.3.1   Memberikan penilaian terhadap tanggapan siswa
5.2.3.2   Memberikan penguatan tentang cerita  dengan membuat pertanyaan
5.3 Kegiatan Akhir
5.3.1 Menyimpulkan hasil simakan yang dilakukan siswa
5.3.2 Menginformasikan materi pertemuan berikutnya
6.  Sumber Belajar
6.1 VCD / Kaset percakapan/Teks Percakapan
6.2  Peragaan percakapan
6.3 Buku Basa Jawa “Wursita Basa”
6.4 LKS Basa Jawa
7. Penilaian
7.1 Jenis  tes:
7.1.1 Unjuk Kerja
7.1.2 Tertulis
7.2 Bentuk :  
7.2.1 Uji petik produk
7.2.1 Isian
7.3 Instrumen

Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh Instrumen
1. Mampu mengungkapkan isi  cerita teman secara lisan maupun tulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa.



 
2. Memberikan tanggapan mengenai isi cerita yang didengar.

Unjuk kerja





Tertulis
Isian






Uji petik kerja produk
A. gawea crita ngengingi kepahlawanan/ budi pekerti (bisa njupuk inspirasi saka ibu, bapak, utawa wong liya kang mbok anggep pahlawan kanggo awakmu dhewe)!
B. Rampungna pratelan ing ngisor iki jumbuh karo isine crita kasebut!
1. Paraga sing disebutake ana ing crita .....
2. Papan kedadeane sing ana ing crita......
3.Wektu kedadean sing ana crita .........
4. Pitutur sing bisa dijupuk saka critane kancamu...............................................
5. Crita kuwi ngemot babagan apa.................
C. Wenehana panyaruwe utawa panemumu ngenani isi, basa, sing ana ing crita!
................................................................................................................................................


Rubrik Penilaian tertulis A:
No.
Kriteria
Bobot
Nilai
Nilai
Nilai



5
3
1
1.
Kualitas isi tulisan
50
Ragam bahasa yang digunakan sesuai unggah ungguh, penggunaan ejaan yang baik, isi padat
Ragam bahasa yang digunakan sebagian tepat, penggunaan ejaan sebagian benar, isi tidak padat
Ragam bahasa yang digunakan kurang tepat, ejaan kurang tepat, isi tidak padat
2.
Alur cerita
30
Sistematis
Terkadang melompat
Tidak sistematis
3.
Jumlah paragraf
10
Di atas 5
Rentang 5-3
Rentang 3-1


 Rubrik Penilaian Tertulis B:
 2 x 5   = ......

Rubrik penilaian uji petik kerja produk C:

No.
Kriteria
Bobot
5
3
1
1.
Alur presentasi
30
Penyampaian konsep dan struktur bahasa teratur
Penyampaian konsep dan struktur bahasa terkadang melompat
Penyampaian dan struktur bahasa tidak teratur
2.
Kualitas isi
50
Isi tanggapan baik terdapat hal yang baru
Isi materi baik dan namun belum terlihat hal yang baru
Isi materi kurang berhubungan dengan topic dan belum terlihat yang baru
3.
Body language
20
Gerakan tubuh sesuai isi  cerita yang ditanggapi
Gerakan tubuh belum sesuai dengan isi
Sedikit gerakan tubuh
                       



 Mengetahui,                                                                              Jepara,    Juli 2012
 Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran




Drs. A Musolikhan                                                               ............................................
NIP.19610604 1989003 1 008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar